Filosofi
Pendidikan
Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum
bayi lahir
seperti dilakukan banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada
bayi
dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum
kelahiran.
Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan
sehari-hari
lebih berarti daripada pendidikan formal. Anggota keluarga mempunyai
peran
pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang
disadari
mereka, walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara tidak
resmi.
Fungsi
Pendidikan
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan
berkaitan
dengan fungsi yang nyata (manifes). Mempersiapkan anggota masyarakt
untuk
mencari nafkah, fungsi laten lembaga sebagai wadah pendidikan, melalui
pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam
mendidik anak kepada sekolah.
Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan
nilai
pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan danya perbedaan
pandangan
antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan
seks dan
sikap terbuka.
Pendidikan sekolah diharapkan dapat
mensosialisasikan
kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese,
dan
status yang ada dalam masyarakat. Memilih dan mengajarkan peranan
sosila.
0 komentar on "artikel q"
Posting Komentar